Modul Magang Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL

“Hak cipta dilindungi Undang-undang

Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit”

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Buku Panduan Magang ini. Kurikulum Program Studi Manajemen dan Akuntansi Universitas Bandar Lampung tahun 2016 mengamanatkan untuk dilakukannya kegiatan Magang sebagai persyaratan untuk mengajukan judul skripsi, hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan.

Penyusun berharap buku ini dapat menjadi guidance bagi mahasiswa, dosen pembimbing magang, juga bagi instansi lokasi magang sehingga tujuan awal dari diadakannya kegiatan magang ini bisa dicapai dan mencapai hasil yang maksimal. Penyusun menyadari buku ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penyusun berharap kritik dan saran membangun untuk memperbaiki buku pedoman ini. Demikian kami sampaikan dan Terima Kasih

Bandar Lampung, Mei 2016,

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan dunia saat ini telah memasuki era  globalisasi, kampus sebagai agent of change dihadapkan pada dunia kerja yang semakin pragmatis. Kurikulum yang terbangun pun seolah-olah mengikuti kemauan pasar kerja. Orientasi kampus sebagai menara gading keilmuan seolah terpinggirkan atau ternomorduakan oleh permintaan pasar (market minded). Link and Match menjadi pembenar penerapan kurikulum ini tidak terkecuali kurikulum di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL.

Magang adalah salah satu kegiatan akademik yang muncul sebagai bagian dari penerapan kurikulum 2013 dan wajib diambil oleh mahasiswa. Kegiatan ini mempunyai bobot 0 (nol) sks, seluruh kegiatan perkuliahan ini adalah praktikum dan tidak ada perkuliahan klasikal, dimana dalam pelaksanaannya memerlukan pedoman atau modul yang digunakan sebagai guide agar sesuai dengan tujuan dari diadakannya kegiatan magang, buku ini akan mencoba menjadi modul sekaligus pedoman dalam mencapai tujuan tersebut.

Guna menghindari benturan antara kuliah klasikal dengan magang maka pelaksanaan kegiatan magang dilakukan pada saat libur antara semester genap dan semester ganjil (Bulan Juli sampai bulan Agustus) selama 1 (satu) bulan dengan dibimbing oleh seorang dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL. Kegiatan ini adalah kegiatan yang berusaha menggabungkan antara dunia teoritik dengan dunia praktik, dimana mahasiswa tidak ditempatkan sebagai menara gading ilmu pengetahuan saja tanpa dihadapkan pada dunia realita. Mahasiswa harus dihadapkan pada dunia nyata, pada kondisi sebenarnya, karena seringkali dunia nyata berbeda dengan dunia konseptual.

B. Tujuan dan Manfaat Buku Pedoman Magang

Dengan disusunnya Modul Kegiatan Magang ini diharapkan agar dapat bermanfaat bagi mahasiswa maupun bagi dosen atau stakeholder , diantaranya adalah :

  1. Bagi mahasiswa untuk menjembatani dunia akademis dengan dunia praktikal.
  • Adanya pedoman kegiatan sehingga baik itu dosen maupun mahasiswa tidak salah arah dalam kegiatan Magang ini.
  • Bagi perusahaan lokasi magang agar dapat mendukung kegiatan magang ini dan memberikan ruang latihan dan ruang berekspresi dan bereksplorasi bagi mahasiswa sesuai dengan kompetensi masing- masing mahasiswa disamping dapat membantu perusahaan menyelesaikan tugas pokok dan fungsi masing-masing perusahaan.

BAB II

TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN MAGANG

  1. Tujuan Kegiatan Magang

Dengan diadakannya kegiatan Magang ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan diantaranya adalah :

  1. Bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi kualitas akademik agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.
  2. Bagi dosen untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan isu-isu actual dan faktual di lapangan.
  3. Bagi perusahaan lokasi magang akan menjadi ruang discus and share dengan akademisi terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di ranah praktik.
  4. Bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL menjadi wadah aktualisasi kerjasama dengan berbagai perusahaan.

B. Manfaat Teoritis Kegiatan Magang

Dengan diadakannya kegiatan Magang ini diharapkan untuk mencapai manfaat teoritis diantaranya adalah :

  1. Bagi mahasiswa untuk menambah khasanah keilmuan tentang teori-teori manajemen dan akuntansi sebagai usaha memperkaya teori keilmuan tentang manajemen dan akuntansi.
  2. Bagi dosen adalah untuk menambah dan membuka ruang diskusi terbuka dengan stakeholder untuk dapat menemukan temuan-temuan baru faktual yang menjadi kebaruan dalam sisi keilmuan.

C. Manfaat Praktis Kegiatan Magang

Dengan diadakannya kegiatan Magang ini diharapkan untuk mencapai manfaat praktis diantaranya adalah :

  1. Bagi mahasiswa bisa digunakan sebagai observasi awal mencari data dan lokasi untuk mempersiapkan kegiatan Metode Penelitian Bisnis dan atau Skripsi, sehingga akan mempercepat kelulusan mahasiswa tersebut.
  2. Bagi dosen untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan isu-isu actual dan faktual di lapangan untuk kemudian dituangkan ke dalam sebuah karya ilmiah misalkan riset, jurnal atau bahkan sebuah buku, terlebih lagi buku base on research
  3. Bagi perusahaan lokasi magang akan dapat terbantu untuk menyelesaikan tugas pokok dan fungsi masing-masing perusahaan
  4. Bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL akan membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

BAB III

KOMPETENSI MAHASISWA SETELAH MAGANG

Secara umum kompetensi mahasiswa yang diharapkan terwujud dari program magang adalah sebagai berikut:

  1. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional merupakan kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan, seperti: pemahaman tugas; kecekatan bekerja; kreativitas bekerja; pengambilan keputusan.

  • Kompetensi Personal

Kompetensi personal adalah kemampuan dalam hal sikap dan kepribadian, meliputi: kejujuran; kedewasaan berpikir; tanggung jawab; kemandirian; disiplin; dan antusiasme.

  • Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial menitikberatkan kepada kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dengan lingkungan kerja, meliputi: komunikasi; kerja sama; dan empati.

Secara khusus kompetensi mahasiswa yang diharapkan terwujud dari program magang adalah sebagai berikut:

  1. Mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi pada level operasional
  2. Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada level operasional
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
  4. Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional.
  5. Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi bisnis.
  6. Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi.
  7. Mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi dan level organisasi.

BAB IV

PROSEDUR KEGIATAN MAGANG

  1. Persyaratan Kegiatan Magang

Guna memperlancar pencapaian tujuan dan pelaksanaan kegiatan magang ini maka ada beberapa persyaratan bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Magang diantaranya adalah :

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung.
  2. Mahasiswa yang sudah menempuh 100 (seratus) SKS.

B. Mekanisme Kegiatan Magang

  1. Pra MagangMahasiswa wajib menghadiri sosialisasi dan pembekalan magang yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung.Mahasiswa mencari atau menentukan sendiri tempat lokasi pelaksanaan magang diharapkan di perusahaan yang telah ditentukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung namun bagi mahasiswa non regular diberikan permakluman di lokasi kerja yang bersangkutan.Lokasi magang dibatasi di sekitar Lampung.Kebutuhan surat menyurat untuk perijinan bisa difasilitasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung.Mahasiswa mengambil Surat Pengantar Magang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung untuk ditujukan kepada Perusahaan Lokasi Magang.Mendaftar ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung dengan mengisi form yang sudah tersedia dan dikumpulkan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung.

2. Magang

  1. Magang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan penuh yaitu pada bulan Juli sampai dengan Bulan Agustus
  2. Mahasiswa melaporkan diri kepada pimpinan perusahaan lokasi Magang.
  3. Mahasiswa menyerahkan nomor kontak (HP atasan magang dan atau no telepon kantor) kepada dosen pembimbing magang.Magang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan penuh yaitu pada bulan Juli sampai dengan Bulan Agustus.Mahasiswa melaporkan diri kepada pimpinan perusahaan lokasi Magang.
  4. Mahasiswa mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang berlaku 
    dari perusahaan lokasi Magang.
  5. Mahasiswa mengisi absensi harian serta diskripsi pekerjaan harian (format terlampir).
  6. Mahasiswa melakukan observasi kegiatan yang berlangsung di lokasi Magang
  7. Mahasiswa membuat laporan awal (dwi mingguan) kepada Dosen Pembimbing Magang (format terlampir).
  8. Mahasiswa mengambil form nilai magang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung untuk kemudian diserahkan kepada Dosen Pembimbing Magang (form terlampir).

3. Pasca Magang

  1. Mahasiswa wajib menyerahkan  surat  pengantar ucapan terimakasih dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung kepada Perusahaan Lokasi Magang (form terlampir).
  2. Mahasiswa berkonsultasi dengan dosen pembimbing magang membuat Laporan Akhir Magang (format terlampir) sebagai persyaratan untuk mengajukan judul skripsi.

C. Pembimbingan Kegiatan Magang

Guna untuk memperlancar kegiatan Magang maka perlu adanya proses pembimbingan yang dilakukan oleh seorang Dosen Pembimbing Magang agar sesuai dengan tujuannya. Adapun proses pembimbingan dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pembimbing bisa dilakukan setelah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung memberikan Dosen Pembimbing Magang yang akan diumumkan di papan pengumuman
  2. Mahasiswa wajib berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing Magang pada saat sebelum, sedang dan pasca kegiatan Magang.
  3. Mekanisme dan media yang digunakan dalam proses pembimbingan diserahkan kepada Dosen Pembimbing Magang dan Mahasiswa yang bersangkutan, misalkan melalui telepon, sms, email, dan lain sebagainya.
  4. Pelaksanaan pembimbingan dilaksanakan minimal 5 (lima) kali, dan terdokumentasikan di buku pedoman magang (terlampir).

D. Tugas Dosen Pembimbing Magang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL FEB UBL sangat mengharapkan peran aktif, kesediaan meluangkan waktu dan pikiran dari seluruh Dosen Pembimbing Magang demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan Magang. Adapun tugas-tugas yang dibebankan kepada Dosen Pembimbing Magang diantaranya adalah :

  1. Pembimbing akan mendapatkan Surat Tugas Dekan sebagai dosen pembimbing magang
  2. Pembimbing wajib membimbing mahasiswa pada saat sebelum, sedang dan paska kegiatan Magang
  3. Pembimbing wajib senantiasa berkoordinasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung apabila terdapat kendala di lapangan.
  4. Pembimbing wajib memantau perkembangan mahasiswa magang di lapangan dengan media dan mekanisme yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.
  5. Membimbing dan meminta Laporan Awal Magang (laporan dwi mingguan) dari mahasiswa yang bersangkutan, rangkap 2 (dua), untuk diserahkan pada dosen pembimbing magang dan mahasiswa yang bersangkutan.
  6. Pembimbing wajib memantau perkembangan mahasiswa magang.
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung wajib memantau mahasiswa dan memantau dosen pembimbing lapangan, untuk memastikan semuanya berjalan beriringan sesuai arah dan tujuan kegiatan magang dengan cara melakukan spot check baik itu ke dosen maupun ke mahasiswa dengan mengombinasikan random sampling dan purposive sampling.
  7. Membimbing dan meminta Laporan Akhir Magang dari mahasiswa yang bersangkutan, rangkap 3 (tiga) untuk didistribusikan kepada dosen pembimbing magang, mahasiswa yang bersangkutan dan Program Studi masing-masing.

E. Penilaian Kegiatan Magang

Proses pemberian penilaian kegiatan magang dilakukan dengan memperhatikan kaidah-kaidah akademik dan tetap menjaga objektifitas, oleh karena itu format penilaiannya pun dibuat seobjektif mungkin. Adapun format penilaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Komposisi nilai akhir diberikan oleh Dosen pembimbing Mahasiswa Magang, asumsinya yang mampu memantau setiap hari kualitas pekerjaan mahasiswa magang adalah Atasan Langsung
  2. Rincian komposisi nilai dari dosen pembimbing magang adalah: Absensi         : 25 % Kualitas Pekerjaan   : 25 % Kompetensi Mahasiswa  : 25 % Etika dan Perilaku   : 25 %

Total  : 100% Nilai Akhir

  • Mahasiswa yang tidak menyerahkan Laporan Awal dan/atau Laporan Akhir maka tidak dapat mengajukan judul skripsi dan diwajibkan untuk mengulang Kegiatan Magang pada tahun yang akan datang.

BAB V PENUTUP

Kegiatan magang menjadi sangat penting untuk dilakukan karena akan dapat meningkatkan kualitas, kapabilitas mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung. Buku

 

 

  

   

 

 
  1.  

    

  

   

 

 

  1.  
  •  
  •  

 

 

  1.  

 

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  

 

 

  1.  
  2.  

 

 

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  

 

 

 

  1.  

 

  •  

 

  •  

 

 

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  
  5.  
  6.  
  7.  

 

 

  1.  

 

  1.  
  2.  

 

  1.  

  

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  
  5.  
  6.  
  7.  
  8.  

  

  1.  
  2.  

 

  

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  

 

  

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  
  5.  
  6.  
  7.  

 

  

  1.  
  2.  

 

  •  

 

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »