Program Studi Manajemen

Visi

”Menjadi Program Studi Manajemen yang unggul di Indonesia dan berkelas dunia dalam bidang manajemen dan bisnis serta menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha tahun 2035″

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen yang inovatif, berkualitas dan berjiwa wirausaha sesuai tuntutan global
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu manajemen berstandar nasional dan berkelas dunia
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu dan keterampilan manajemen
Mengapa Pilih Manajemen

3 Alasan Belajar Manajemen

  • Manajemen memberikan konstribusi pada standar kehidupan manusia saat ini
  • Manajemen membangun masa depan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif.
  • Manajemen membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya; kinerja manajerial yang berhasil dicapai saat ini merupakan hasil karya manajer pada masa lalu.
Gedung F
1. We are certified by Higher Education Evaluation & Accreditation Council (HEEACT) Taiwan
2. Akreditasi Unggul LAMEMBA, supervised by
BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi)
in cooperation with AACSB

SKS dan Kurikulum

Prodi Manajemen menawarkan 144 SKS dalam kurikulumnya. Peminatan atau konsentrasi yang ditawarkan oleh program studi manajemen adalah:

  • Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran produk, baik manufaktur maupun jasa (analisis pasar, segmentasi pasar, targeting, positioning, pengembangan produk, komunikasi pemasaran terpadu, penetapan harga dan manajemen distribusi/ logistik)
  • Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengambilan keputusan di bidang organisasi (seleksi, rekrutmen, sistem kompensasi, pelatihan dan pengambangan, karir, penilaian kerja, dll)
  • Manajemen Operasional memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengambilan keputusan di bidang operasi (perencanaan dan pengendalian produksi, kualitas, layout, lokasi, persediaan, sistem produksi).
  • Manajemen Strategik adalah suatu proses perencanaan, implementasi dan pengendalian strategi bagi organisasi atau perusahaan. Dalam mendukung strategi harus ditentukan oleh visi, misi dan tujuan perusahaan tersebut untuk menghadapi lingkungan eksternalnya yang cepat berubah.

     

    Penyusunan kurikulum program studi didasarkan pada visi dan misi program studi, fakultas dan universitas. Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian sehingga mendorong terbentukya hard skills maupun soft skill yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Penyusunan kurikulum juga mempertimbangkan kebutuhan dunia keria dengan keseimbangan antara pengembangan kemampuan keahlian dan sikap-sikap lulusan dengan tuntutan dunia kerja sekarang dan di masa yang akan datang. Lulusan diharapkan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta mampu menjadi agen perubahan yang positif di tempat kerja, dan menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap tertentu serta terbuka untuk menjadi men and women for and withothers.

Penyusunan kurikulum Program Studi Manajemen in sudah mengikuti Standar Nasional yang mengacu pada pada SK Mendiknas No. 232/U/2000 perihal Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, SK Mendiknas No. 45/U/2002 perihal Kurikulum Perguruan Tinggi, Peraturan Pemerintah RI no. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Program Studi UBLTahun 2003. Pengelompokkan mata kuliah menurut Kepmendiknas-232/U/2000 terdiri dari Mata Kuliah Pengembangan kepribadian (MPK). keilmuan dan ketrampilan (MKK), keahlian Berkarya (MKB), berkehidupan bersama (MBB) dan Perilaku berkarya(MPB).

Kurikulum in disusun berdasarkan FGD yang dilakukan bersama -stakeholder, praktisi, serta pejabat dan seluruh dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung. Pengembangan kurikulum P S Manajemen terdapat beberapa muatan pengetahuan utama yang harus dikuasaioleh lulusan sarjana manajemen, yaitu (1) Manajemen Sumber Daya Manusia (2)Manajemen Keuangan (3) Manajemen Operasional (4) Manajemen Pemasaran (5) Entrepreneurship.

Proses Belajar Mengajar didesain sedemikian rupa sehingga proses tersebut mampu menjadikan mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan (transfer of knowledges) dan mampu mengembangkan kompetensi yang diperlukan. Untuk mencapai hal ini, beberapa mata kuliah dilengkapi dengan praktikum yang mengacu pada perkembangan teknologi terkini. Dalam Proses Pembelajaran (PBM) juga dirancang untuk menanamkan nilai-nilal (values) pada mahasiswa tentang pentingnya kejujuran, kedisiplinan, kemandiran dan kerjasama. Kurikulum Program Studi Manajemen tersaji dalam tabel di bawah ini:

SEMESTER I
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 I FB101 Pengantar Ekonomi / Introductory Economics 3
2 I MB101 Pengantar Kewirausahaan dan Bisnis / Introductory of Business & Entrepreneurship 3
3 I MB102 Pengantar Perbankan dan Koperasi / Introductory of Banking & Cooperate 3
4 I FB102 Pengantar Manajemen / Intro to Management 3
5 I FB103 Matematika Bisnis / Business Math 3
6 I FB104 Pengantar Akuntansi / Intro to Accounting 3
7 I UN101 Pendidikan Agama / Religious Studies 2
8 I UN101 Personal Development 1
JUMLAH SKS SEMESTER I 21
 
SEMESTER II
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 II MB201 Sosiologi dan Geografi / Geography & Sociology 2
2 II MB202 Lembaga Keuangan / Financial Institution 3
3 II FB201 Teori Ekonomi / Theory of Economy 3
4 II FB202 Perpajakan / Taxation 3
5 II FB203 Komunikasi dan Negosiasi Bisnis / Negotiation & Business Communication 3
6 II MB203 Sistem Informasi Manajemen / Management Information System 2
7 II UN201 Kewarganegaraan / Civic Education 2
8 II UN202 Analytical and Creative Thinking 2
9 II UN203 English for General Communication 2
JUMLAH SKS SEMESTER II 22
 
SEMESTER III
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 III FB301 Manajemen Keuangan 1 / Financial Management I 3
2 III MB301 Manajemen Pemasaran 1/ Marketing Management I 3
3 III MB302 Manajemen SDM I / HR Management I 3
4 III MB303 Manajemen Operasional I / Operational Management I 3
5 III MB304 Etika Bisnis / Business Ethics 2
6 III UN301 Innovation 1
7 III UN302 English for Academic Purpose 2
8 III UN107 Pendidikan Pancasila / Pancasila Studies 2
9 III MB305 Corporate Social Responsibility Study 2
JUMLAH SKS SEMESTER III 21
 
SEMESTER IV
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 IV UN401 Bahasa Indonesia / Indonesia Language 2
2 IV UN402 Entrepreneurship (incubator class) 2
3 IV MB401 Manajemen Pemasaran / Marketing Management II 3
4 IV MB402 Manajemen SDM II / HR Management II 3
5 IV MB403 Manajemen Operasional II / Operational Management II 3
6 IV FB401 Manajemen Keuangan II / Financial Management II 3
7 IV FB402 Statistika Dasar / Statistics 3
8 IV FB403 Hukum Bisnis / Business Law 2
JUMLAH SKS SEMESTER IV 21
 
SEMESTER V
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 V FB501 Aplikasi Teknologi Digital / IT for Business 3
2 V FB502 Analisis Multivariate / Multivariate Analysis 3
3 V MB501 Rekayasa Proses Bisnis I / Business Process Engineering I 3
4 V MB502 Studi Kelayakan Bisnis / Feasibilty Study of Business 3
5 V FB503 Teori dan Perilaku Organisasi / Organization Behavior Theory 2
6 V FB504 Bisnis dan Ekonomi Indonesia / Indonesia Business & Economics 3
JUMLAH SKS SEMESTER V 17
 
SEMESTER VI
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 VI MB601 Seminar Riset Kewirausahaan dan UMKM / Enterpreneurs Research & SME Seminar 3
2 VI MB602 Rekayasa Proses Bisnis II / Business Process Engineering II 3
3 VI FB601 Metodologi Penelitian / Research Methodology 3
4 VI FB602 Pemberdayaan Masyarakat / Community Development 2
5 VI FB604 Financial Technology 2
6 VI MB603 Teknik Pengambilan Keputusan / Decision Analysis 2
7 VI MB604 Teori Ekonomi Syariah / Sharia’ Economics Theory 3
JUMLAH SKS SEMESTER VI 18
 
SEMESTER VII
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 VII MB701 Kepemimpinan / Leadership 3
2 VII MB702 Manajemen Strategik / Strategic Management 3
3 VII MB703 Teknik Penyusunan Karya Ilmiah / Techniques for Scientific Article 2
4 VII MB704 International Business 2
JUMLAH SKS SEMESTER VII 10
 
SEMESTER VIII
NO SMT KODE MK NAMA MATA KULIAH SKS
1 VIII FB801 Skripsi (TA) / Final Project 4
JUMLAH SKS SEMESTER VIII 4
 
Mata Kuliah Pilihan (minimal 10 SKS/5 mata kuliah sampai dengan selesai studi)
1VMB511Pengembangan Bisnis / Business development*2
2VMB512Pemasaran Digital / Digital Marketing*2
3VMB513Manajemen Pelayanan / service management*2
4VMB514Manajemen Transportasi / transportation Management*2
5VMB515Manajemen Penjualan / sales Management*2
Jumlah10
Mata Kuliah Pilihan (minimal 10 SKS/5 mata kuliah sampai dengan selesai studi)
1VIMB611Manajemen Bisnis Syariah / Sharia’ Business Management*2
2VIMB612Pasar Uang dan Pasar Modal / Financial Market*2
3VIMB613Manajemen Ritel / retailing Management*2
4VIMB614Penganggaran Perusahaan / Budgeting*2
5VIMB614Pemagangan / Apprenticeship*2
Jumlah10
Mata Kuliah Pilihan (minimal 10 SKS/5 mata kuliah sampai dengan selesai studi)
1VIIMB711Teknik Proyeksi Bisnis / Businees Forcasting*2
2VIIMB712Manajemen resiko / Risk Management*2
3VIIMB713Psikologi Bisnis / Business Psychology*2
4VIIFB711Pelayanan Pariwisata / Tourism hospitality*2
5VIIFB712Bisnis Pariwisata / Tourism Business*2
Jumlah10