Program Studi Manajemen
Visi
”Menjadi Program Studi Manajemen yang unggul di Indonesia dan berkelas dunia dalam bidang manajemen dan bisnis serta menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha tahun 2035″
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen yang inovatif, berkualitas dan berjiwa wirausaha sesuai tuntutan global
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu manajemen berstandar nasional dan berkelas dunia
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu dan keterampilan manajemen
Mengapa Pilih Manajemen
3 Alasan Belajar Manajemen
- Manajemen memberikan konstribusi pada standar kehidupan manusia saat ini
- Manajemen membangun masa depan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif.
- Manajemen membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya; kinerja manajerial yang berhasil dicapai saat ini merupakan hasil karya manajer pada masa lalu.
Gedung F
1. We are certified by Higher Education Evaluation & Accreditation Council (HEEACT) Taiwan
2. Akreditasi Unggul LAMEMBA, supervised by
BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) in cooperation with AACSB
SKS dan Kurikulum
Prodi Manajemen menawarkan 144 SKS dalam kurikulumnya. Peminatan atau konsentrasi yang ditawarkan oleh program studi manajemen adalah:
- Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran produk, baik manufaktur maupun jasa (analisis pasar, segmentasi pasar, targeting, positioning, pengembangan produk, komunikasi pemasaran terpadu, penetapan harga dan manajemen distribusi/ logistik)
- Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengambilan keputusan di bidang organisasi (seleksi, rekrutmen, sistem kompensasi, pelatihan dan pengambangan, karir, penilaian kerja, dll)
- Manajemen Operasional memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengambilan keputusan di bidang operasi (perencanaan dan pengendalian produksi, kualitas, layout, lokasi, persediaan, sistem produksi).
Manajemen Strategik adalah suatu proses perencanaan, implementasi dan pengendalian strategi bagi organisasi atau perusahaan. Dalam mendukung strategi harus ditentukan oleh visi, misi dan tujuan perusahaan tersebut untuk menghadapi lingkungan eksternalnya yang cepat berubah.
Penyusunan kurikulum program studi didasarkan pada visi dan misi program studi, fakultas dan universitas. Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian sehingga mendorong terbentukya hard skills maupun soft skill yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Penyusunan kurikulum juga mempertimbangkan kebutuhan dunia keria dengan keseimbangan antara pengembangan kemampuan keahlian dan sikap-sikap lulusan dengan tuntutan dunia kerja sekarang dan di masa yang akan datang. Lulusan diharapkan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta mampu menjadi agen perubahan yang positif di tempat kerja, dan menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap tertentu serta terbuka untuk menjadi men and women for and withothers.
Penyusunan kurikulum Program Studi Manajemen in sudah mengikuti Standar Nasional yang mengacu pada pada SK Mendiknas No. 232/U/2000 perihal Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, SK Mendiknas No. 45/U/2002 perihal Kurikulum Perguruan Tinggi, Peraturan Pemerintah RI no. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Program Studi UBLTahun 2003. Pengelompokkan mata kuliah menurut Kepmendiknas-232/U/2000 terdiri dari Mata Kuliah Pengembangan kepribadian (MPK). keilmuan dan ketrampilan (MKK), keahlian Berkarya (MKB), berkehidupan bersama (MBB) dan Perilaku berkarya(MPB).
Kurikulum in disusun berdasarkan FGD yang dilakukan bersama -stakeholder, praktisi, serta pejabat dan seluruh dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung. Pengembangan kurikulum P S Manajemen terdapat beberapa muatan pengetahuan utama yang harus dikuasaioleh lulusan sarjana manajemen, yaitu (1) Manajemen Sumber Daya Manusia (2)Manajemen Keuangan (3) Manajemen Operasional (4) Manajemen Pemasaran (5) Entrepreneurship.
Proses Belajar Mengajar didesain sedemikian rupa sehingga proses tersebut mampu menjadikan mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan (transfer of knowledges) dan mampu mengembangkan kompetensi yang diperlukan. Untuk mencapai hal ini, beberapa mata kuliah dilengkapi dengan praktikum yang mengacu pada perkembangan teknologi terkini. Dalam Proses Pembelajaran (PBM) juga dirancang untuk menanamkan nilai-nilal (values) pada mahasiswa tentang pentingnya kejujuran, kedisiplinan, kemandiran dan kerjasama. Kurikulum Program Studi Manajemen tersaji dalam tabel di bawah ini:
- MATA KULIAH WAJIB
- MATA KULIAH PILIHAN
SEMESTER I | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | I | FB101 | Pengantar Ekonomi / Introductory Economics | 3 |
2 | I | MB101 | Pengantar Kewirausahaan dan Bisnis / Introductory of Business & Entrepreneurship | 3 |
3 | I | MB102 | Pengantar Perbankan dan Koperasi / Introductory of Banking & Cooperate | 3 |
4 | I | FB102 | Pengantar Manajemen / Intro to Management | 3 |
5 | I | FB103 | Matematika Bisnis / Business Math | 3 |
6 | I | FB104 | Pengantar Akuntansi / Intro to Accounting | 3 |
7 | I | UN101 | Pendidikan Agama / Religious Studies | 2 |
8 | I | UN101 | Personal Development | 1 |
JUMLAH SKS SEMESTER I | 21 |
SEMESTER II | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | II | MB201 | Sosiologi dan Geografi / Geography & Sociology | 2 |
2 | II | MB202 | Lembaga Keuangan / Financial Institution | 3 |
3 | II | FB201 | Teori Ekonomi / Theory of Economy | 3 |
4 | II | FB202 | Perpajakan / Taxation | 3 |
5 | II | FB203 | Komunikasi dan Negosiasi Bisnis / Negotiation & Business Communication | 3 |
6 | II | MB203 | Sistem Informasi Manajemen / Management Information System | 2 |
7 | II | UN201 | Kewarganegaraan / Civic Education | 2 |
8 | II | UN202 | Analytical and Creative Thinking | 2 |
9 | II | UN203 | English for General Communication | 2 |
JUMLAH SKS SEMESTER II | 22 |
SEMESTER III | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | III | FB301 | Manajemen Keuangan 1 / Financial Management I | 3 |
2 | III | MB301 | Manajemen Pemasaran 1/ Marketing Management I | 3 |
3 | III | MB302 | Manajemen SDM I / HR Management I | 3 |
4 | III | MB303 | Manajemen Operasional I / Operational Management I | 3 |
5 | III | MB304 | Etika Bisnis / Business Ethics | 2 |
6 | III | UN301 | Innovation | 1 |
7 | III | UN302 | English for Academic Purpose | 2 |
8 | III | UN107 | Pendidikan Pancasila / Pancasila Studies | 2 |
9 | III | MB305 | Corporate Social Responsibility Study | 2 |
JUMLAH SKS SEMESTER III | 21 |
SEMESTER IV | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | IV | UN401 | Bahasa Indonesia / Indonesia Language | 2 |
2 | IV | UN402 | Entrepreneurship (incubator class) | 2 |
3 | IV | MB401 | Manajemen Pemasaran / Marketing Management II | 3 |
4 | IV | MB402 | Manajemen SDM II / HR Management II | 3 |
5 | IV | MB403 | Manajemen Operasional II / Operational Management II | 3 |
6 | IV | FB401 | Manajemen Keuangan II / Financial Management II | 3 |
7 | IV | FB402 | Statistika Dasar / Statistics | 3 |
8 | IV | FB403 | Hukum Bisnis / Business Law | 2 |
JUMLAH SKS SEMESTER IV | 21 |
SEMESTER V | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | V | FB501 | Aplikasi Teknologi Digital / IT for Business | 3 |
2 | V | FB502 | Analisis Multivariate / Multivariate Analysis | 3 |
3 | V | MB501 | Rekayasa Proses Bisnis I / Business Process Engineering I | 3 |
4 | V | MB502 | Studi Kelayakan Bisnis / Feasibilty Study of Business | 3 |
5 | V | FB503 | Teori dan Perilaku Organisasi / Organization Behavior Theory | 2 |
6 | V | FB504 | Bisnis dan Ekonomi Indonesia / Indonesia Business & Economics | 3 |
JUMLAH SKS SEMESTER V | 17 |
SEMESTER VI | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | VI | MB601 | Seminar Riset Kewirausahaan dan UMKM / Enterpreneurs Research & SME Seminar | 3 |
2 | VI | MB602 | Rekayasa Proses Bisnis II / Business Process Engineering II | 3 |
3 | VI | FB601 | Metodologi Penelitian / Research Methodology | 3 |
4 | VI | FB602 | Pemberdayaan Masyarakat / Community Development | 2 |
5 | VI | FB604 | Financial Technology | 2 |
6 | VI | MB603 | Teknik Pengambilan Keputusan / Decision Analysis | 2 |
7 | VI | MB604 | Teori Ekonomi Syariah / Sharia’ Economics Theory | 3 |
JUMLAH SKS SEMESTER VI | 18 |
SEMESTER VII | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | VII | MB701 | Kepemimpinan / Leadership | 3 |
2 | VII | MB702 | Manajemen Strategik / Strategic Management | 3 |
3 | VII | MB703 | Teknik Penyusunan Karya Ilmiah / Techniques for Scientific Article | 2 |
4 | VII | MB704 | International Business | 2 |
JUMLAH SKS SEMESTER VII | 10 |
SEMESTER VIII | ||||
NO | SMT | KODE MK | NAMA MATA KULIAH | SKS |
1 | VIII | FB801 | Skripsi (TA) / Final Project | 4 |
JUMLAH SKS SEMESTER VIII | 4 |
Mata Kuliah Pilihan (minimal 10 SKS/5 mata kuliah sampai dengan selesai studi) | ||||
1 | V | MB511 | Pengembangan Bisnis / Business development* | 2 |
2 | V | MB512 | Pemasaran Digital / Digital Marketing* | 2 |
3 | V | MB513 | Manajemen Pelayanan / service management* | 2 |
4 | V | MB514 | Manajemen Transportasi / transportation Management* | 2 |
5 | V | MB515 | Manajemen Penjualan / sales Management* | 2 |
Jumlah | 10 |
Mata Kuliah Pilihan (minimal 10 SKS/5 mata kuliah sampai dengan selesai studi) | ||||
1 | VI | MB611 | Manajemen Bisnis Syariah / Sharia’ Business Management* | 2 |
2 | VI | MB612 | Pasar Uang dan Pasar Modal / Financial Market* | 2 |
3 | VI | MB613 | Manajemen Ritel / retailing Management* | 2 |
4 | VI | MB614 | Penganggaran Perusahaan / Budgeting* | 2 |
5 | VI | MB614 | Pemagangan / Apprenticeship* | 2 |
Jumlah | 10 |
Mata Kuliah Pilihan (minimal 10 SKS/5 mata kuliah sampai dengan selesai studi) | ||||
1 | VII | MB711 | Teknik Proyeksi Bisnis / Businees Forcasting* | 2 |
2 | VII | MB712 | Manajemen resiko / Risk Management* | 2 |
3 | VII | MB713 | Psikologi Bisnis / Business Psychology* | 2 |
4 | VII | FB711 | Pelayanan Pariwisata / Tourism hospitality* | 2 |
5 | VII | FB712 | Bisnis Pariwisata / Tourism Business* | 2 |
Jumlah | 10 |